Kembali ke semua tulisan

Mengenal Apa Itu Dashboard dan Peran Pentingnya Untuk Bisnis

Diterbitkan pada 8 September 2025

Oleh: Emen

1 menit baca
Mengenal Apa Itu Dashboard dan Peran Pentingnya Untuk Bisnis

Data is new gold

Ungkapan ini ramai beberapa tahun lalu semenjak platform digital yang dibarengi dengan pertumbuhan akses internet membuat segalanya dijadikan aplikasi — lalu semuanya ternyata bisa menjadi sebuah data. Termasuk dalam bisnis.

Kesadaran akan pentingnya data dalam pengambilan keputusan meningkat sejak itu. Sayangnya kesadaran ini tidak dibarengi dengan pengetahuan bagaimana mengolah dan memanfaatkan data tersebut.

Kalau kita sambung dengan pepatah tadi, banyak yang sudah tau data itu berharga dan mereka punya, namun nggak banyak yang tau bagaimana cara mengolah dan memanfaatkannya.

Apa itu Dashboard?

Dashboard yang kita bicarakan di sini bukan di dalam mobil ya, tapi ini adalah sebuah tampilan ringkas yang memberikan insight berharga dari data-data yang terkumpul. Datanya bisa dari aktivitas bisnis, keuangan bahkan aktivitas kita.

Berbeda dengan tampilan data di excel atau spreadsheet yang berupa susunan angka dalam puluhan cell dan row, dashboard adalah intisari dan informasi yang bisa kita dapatkan dari angka-angka tersebut.

Agar lebih mudah memahaminya, saya akan berikan gambarannya berupa spreadsheet yang berisi puluhan ribu data, seperti di bawah ini.

contoh data di dalam sebuah spreadsheet

Gambar di atas adalah contoh gambaran sebuah spreadsheet yang berisi data sales. Totalnya ada 10 ribu row.

Jika, jumlahnya sedikit tentu kita masih enak membaca dan menganalisanya langsung dari spreadsheet, tapi bagaimana jikan sudah 10 ribu row dan rentang datanya bertahun-tahun?

Di sinilah peran penting dashboard, untuk menganalisa angka-angka tadi, menjadikannya insight, dan yang paling penting dinamis serta real-time — yang memungkinkan pemilik bisnis mengambil keputusan dengan cepat dan akurat.

Jadi, dashboard adalah tampilan ringkas yang bisa menggabungkan data dari berbagai sumber menjadi sebuah insight dan hidup (real-time). Analogi sederhananya bisa Anda baca dalam tulisan saya sebelumnya tentang Membedakan Data, Report dan Dashboard.

Kenapa Dashboard Penting Untuk Bisnis?

Kenapa pemilik bisnis atau Top Level Management perlu punya dan melihat dashboard? Setidaknya ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan.

Realtime – Ambil Keputusan Lebih Cepat

Dashboard biasanya bersifat realtime, jika sumber data berubah, maka ia akan ter-update secara otomatis. Dengan ini, pemilik bisnis atau pengambil keputusan bisa mengambil keputusan bisnis dengan lebih cepat dan akurat.

Apalagi untuk pemilik bisnis yang sibuk atau Top Level Management yang sebagian waktunya banyak dihabiskan mobile dan meeting, ini akan sangat berasa manfaatnya. Tidak perlu analisa dan minta data ke tim, karena semua sudah realtime.

Time Saving – Nggak Perlu Manual Report

Kalau sebelumnya Anda pemilik bisnis yang banyak mengandalkan spreadsheet atau excel, setelah punya dashboard Anda akan punya lebih banyak waktu.

Waktu yang dulunya tersita untuk analisa data secara manual gak akan ada lagi karena semua sudah ada di dashboard.

Pun, kalau Anda selama ini mengandalkan minta data ke tim, waktu kerja mereka juga bisa fokus ke input data dan mengerjakan pekerjaan yang lebih berdampak.

Bahkan, di Looker Studio ada satu fitur yang bisa mengirimkan Anda report dari dashboard secara otomatis melalui email sesuai frekuensi yang Anda mau (harian, mingguan, bulanan).

Identifikasi Masalah Lebih Cepat

Karena sifatnya yang realtime, maka dashboard bisa membantu Anda sebagai pemilik bisnis mengidentifikasi masalah lebih awal sebelum menjadi besar.

Berdasarkan pengalaman saya, pemilik bisnis yang hanya mengandalkan excel atau spreadsheet biasanya tidak melihat masalah atau bahkan performa positif dari bisnisnya.

Karena angka-angka di spreadsheet atau excel tidak user-friendly dan tidak memberikan gambaran tentang apa yang terjadi.

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Dashboard?

Jika Anda ingin membuat atau belajar tentang dashboard, ada beberapa hal yang Anda butuhkan:

  1. Sumber Data

    Biasanya ini berupa file excel atau spreadsheet yang diupdate secara berkala.

  2. BI Tools

    Selanjutnya yang Anda butuhkan adalah Business Intelegince Tools. Ada yang gratis, ada juga yang berbayar. Dari tingkat kesulitan dan biayanya, Anda bisa mulai dari Looker Studio – sebuah tools dari google yang mudah digunakan dan sangat bagus jika data Anda di spreadsheet.

Contoh Dashboard

Berikut ini adalah sebuah contoh dashboard sales yang saya buat menggunakan data dummy. Datanya kurang lebih berjumlah 10 ribu row.

Contoh Sales Dashboard di Looker Studio

Untuk melihatnya lebih lengkap Anda bisa mengaksesnya di sini: Malin Sales Dashboard.

Kesimpulan

Jika bisnis Anda ingin tetap kompetitif di era yang serba cepat seperti sekarang, sangat penting punya analisis data yang realtime agar keputusan bisnis bisa diambil dengan cepat dan akurat.

Dashboard akan sangat membantu Anda untuk tujuan tersebut jika tidak ingin semakin tertinggal dari kompetitor.


Bagaimana perasaanmu setelah membaca ini?

Memuat reaksi...

© 2025 Emen. All rights reserved.